Penyebab Gondongan

Penyebab Gondongan – Parotitis merupakan penyakit peradangan pada bagian mulut yaitu pada kelenjar parotis yang disebabkan adanya infeksi virus sehingga menimbulkan pembengkakan dan rasa nyeri. Parotitis juga dikenal dengan nama penyakit gondongan.

Penyakit Gondongan

Penyakit gondongan ini umumnya menyerang anak-anak usia 2-12 tahun. Jika seseorang pernah menderita penyakit gondongan maka dia akan memiliki kekebalan seumur hidupnya. Vaksinasi gondongan merupaan bagian dari imunisasi rutin pada masa kanak-kanak. Vaksin gondongan biasanya terdapat dalam bentuk kombinasi dengan campak dan rubella, yaitu vaksin MMR yang disuntikkan melalui otot paha atau lengan atas.

Penyebab Gondongan

Penyebab Gondongan

Penyebab Gondongan (mumps, parotitis epidemika) adalah suatu infeksi virus menular yang menyebabkan pembengkakan pada kelenjar liur disertai nyeri. Gondongan disebabkan oleh virus paramyxovirus. Virus jenis ini ditularkan melalui percikan ludah (air droplet) yang berasal dari bersin atau batuk enderita atau karena bersentuhan langsung dengan benda-benda yang terkontaminasi oleh ludah penderita. Penyebab penyakit gondongan atau mumps atau parotitis merupakan suatu penyakit menular yang disebabkan oleh penyebaran infeksi virus (paramyxovirus) yang menyerang kelenjar ludah dalam mulut (kelenjar parotis) yang terletak diantara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah/samping.

Jika dibandingkan campak atau cacar air, gondongan tidak terlalu menular. Kebanyakan penyakit ini menyerang anak-anak yang berumur 2-12 tahun, jarang ditemukan pada anak yang berumur kurang dari 12 tahun. Jika seseorang pernah menderita gondongan, maka dia akan memiliki kekebalan seumur hidupnya.

Daerah yang sering terkena serangan gondongan ini biasanya adalah kelenjar parotis/pipi, yaitu kelenjar ludah yang terletak diantara telinga dan rahang. Pada orang dewasa terutama pria, jika peyakit gondongan ini mendera, infeksi ini bisa menyerang testis (buah zakar), sistem saraf pusat, pankreas, prostat, payudara dan organ lainnya. Masa inkubasi biasanya adalah 12-24 hari.

Penyakit gondongan merupakan yang sangat umum dan sudah dikenal masyarakat sejak lama dan penyakit ini pun juga dikenal diseluruh dunia. Umumnya penyakit gondongan ini banyak menyerang anak-anak mulai dari usia 2-12 tahun. Pada orang dewasa infeksi ini dapat menyerang testis (buah zakar), sistem saraf pusat, pankreas, prostat dan payudara serta organ tubuh lainnya.

Penularan Gondongan

Penularan dari penyakit gondongan ini mudah sekali, yakni melalui :

  • Kontak langsung
  • Percikan ludah (droplet)
  • Muntahan
  • Dapat pula melalui air kemih, meski jarang sekali terjadi.

Awal mula timbulnya penyakit gondongan/mumps/parotitis, melalui fase berikut :

  1. Fase awal, 1-2 hari penderita gondongan mengalami gejala seperti demam, sakit kepala, nyeri sendi atau otot, kehilangan nafsu makan, nyeri rahang bagian belakang saat mengunyah dan terkadang disertai rasa kaku pada rahang (sulit membuka mulut).
  2. Terjadi pembengkakan kelenjar di bawah telinga (kelenjar parotis) yang diawali dengan pembengkakan salah satu sisi kelenjar kemudian kedua kelenjar mengalami pembengkakan.
  3. Pembengkakan umumnya terjadi 3 hari kemudian berangsur-angsur mengempis dengan sendirinya.
  4. Terkadang terjadi pembengkakan pada kelenjar di bawah rahang (submandibula) dan kelenjar di bawah lidah (sublingual). Jika infeksi virus terjadi pada pria dewasa akan terjadi pembengkakan pada buah zakar (testis) disebabkan oleh penyebaran melalui aliran darah dalam tubuh.

Penyakit gondongan dapat dengan mudah diketahui dokter, terlebih apabila tejadi kontak dengan penderita gondongan 2-3 minggu sebelumnya. Jika penderita tidak menampakkan pembengkakan kelenjar di bawah telinga, namun tanda dan gejala lainnya mengarah ke penyakit gondongan sehingga meragukan diagnosis, dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut yaitu Complement fixation antiboides (CF), Hemagglutination inhibitor antibodies (HI), Virus neutralizing antibodies NT) dan kadar amilase.

Penyebab Gondongan tidak memerlukan pengobatan yang spesifik. Penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya setelah 3-4 hari. Pengobatan ditujukan utnuk mengurangi keluhan (simptomatis) dan istirahat selama penderita panas dan kelenjar (parotis) membengkak. Keluhan demam dapat dikurangi dengan memberikan parasetamol.

 Pengobatan Gondongan

Untuk penderita penyakit gondongan maka sebaiknya hindarilah jenis makanan seperti makanan yang susah di makan, makanlah makanan yang baik yang mudah dikunyah dan juga bisa dengan mudan ditelan. Selain itu jga tidak ada jenis makanan yang pantang dimakan oleh penderita gondangan. Pencegahan yang dilakukan pada penderita gondongan adalah dengan melakukan vaksinasi atau imunisasi dengan teratur pada masa kanak-kanak yakni adalah imunisasi MMR yang biasanya diberikan lewat injeksi disaat anak berusia 15 bulan dan selanjutnya diberikan disaat anak berusia 4 tahun. Imunisasi atau vaksinasi MMR juga bisa diberikan untuk remaja serta untuk orang dewasa yang belum pernah mengalami penyakit gondongan.

Cara mengobati penyakit gondogan adalah dengan beristirahat yang cukup dirumah. Dan selain itu juga hindarilah jenis makanan atau juga minuman yang mengandung asam karena bisa membuat nyeri ini menjadi semain parah. Konsumsi jenis makanan yang cair serta lunak.

Cara mengobati gondongan secara alami adalah :

Bahan : 1 genggam daun tapak dara
Cara membuat : tumbuklah halus kemudian ditempelkan ramuan tersebut ke gondongan.

Ramuan gondongan 2 :
Bhan : 10 ranting belimbing yang masih muda, dan 4 siung bawang merah
Cara membuatnya adalah : haluskan terlebih dahulu ranting belimbing yang masih muda, kemudian haluskan 4 siung bawang merah. Setelah itu tempelkanlah ramuan tadi ke bagian yang sakit. Lakukanlah hal ini dengan teratur sampai sakit gondongan sembuh.

Penyebab Gondongan

http://gondongan.com/penyebab-gondongan/


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Penyakit Gondongan dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gondongan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Penyebab Gondongan

  1. litta cuette says:

    sungguh mengerikan
    temen q lg banyak yg pada sakit gondong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>